SAHABAT AIR IKRAR SELAMATKAN KALI SURABAYA

Training motivator sahabat air yang dilaksanakan oleh ecoton (lembaga kajian ekologi dan konservasi lahan basah) dan didukung oleh PDAM SURABAYA pada tahun ini  diikuti oleh 25 pelajar dari 8 Sekolah. Kegiatan selama dua hari (senin-selasa 23-24 Juni 2008) diikuti sekolah yang tersebar dari hulu sampai hilir Kali Surabaya, dari sekolah yang ada hulu Kali Surabaya adalah SMAN 1 Wringinanom dan SMAN 1 Driyorejo kabupaten Gresik, sedangkan kawasan tengah Kali Surabaya diikuti oleh SMA AL Falah SMPN 16 Surabaya dan SMP Ciputra sedangkan dari daerah urban (hilir) diikuti oleh SMP santa maria SMAN 4 dan SMAN 5 Surabaya.

Kegiatan Training ini dilakukan didua lokasi pertama di Kali Surabaya untuk melihat kondisi bahan baku PDAM Surabaya dan Sumber mata air di Kaki Gunung Penanggungan Mojokerto sebagai salah satu sumber mata air KalI Surabaya.

Kegiatan Training dimulai dengan melakukan jelajah Kali Surabaya dari Pintu Air gunungsari sampai kawasan industri Driyorejo sejauh 16 Km ditempuh selama 4 jam, sebanyak 25 pelajar ini dibagi dalam 3 kelompok yang masing-masing mengidentifikasi sumber pencemaran di Kali Surabaya. Dari jelajah ini ditemukan bahawa Kali Surabaya berupa menjadi tempat pembuangan :

1. 205 WC terapung yang merupakan sumber pencemaran organik berupa tinja (feses) yang mengakibatkan tingginya tingkat pencemaran organik yang terukur dengan tingginya nilai BOD (Biological Oxygen Demand).

2. 25 Saluran pembuangan limbah industri yang umumnya berupa pembuangan kertas dengan jenis limbah cair berupa cairan keruh yang mempengaruhi jumlah biota yang ditemukan disekitar tempat pembuangan

3. 218 tempat sampah sementara, kawasan yang ada disekitar kana-kiri sungai dijadikan kawasan pembuangan sampah yang menumpuk, sehingga pada usim penghujan dapat dipastikan sampah terikut kedalam aliran air.

 

Kualitas air

Selain mengidentifikasi sumber pencemaran di Kali Surabaya peserta training juga mengukur kualitas air dengan mengukur kadar Oksigen, pH dan kekeruhan, dari pemantauan yang dilakukan menunjukan bahwa semakin kearah hilir pencemaran semakin meningkat hal ini dapat dilihat dari menurunnya jumlah spesies biota benthos dan meningkatnya kekeruhan air akibat buangan limbah dan penurunan kadar oksigen diair.

Pada akhir kegiatan sahabat air berikrar untuk selamatkan kualitas air kali surabaya dari ancaman kematian.

anak-anak berhak atas air yang bersih dan sehat

anak-anak berhak atas air yang bersih dan sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: