PELAJAR SMP TEMUKAN SUMBER PENCEMARAN

maran oleh pelajar
maran oleh pelajar

Tim Duta lingkungan hidup SMP santamaria (sanmar) Surabaya berhasil menemukan saluran pembuangan limbah cari PT Wings Surya yang tersembunyi disemak belukar dibantaran Kali Tengah, selama ini saluran pembuangan ini diduga kuat digunakan sebagai sarana pembuangan limbah cair yang membahayakan ekosistem sungai.

Seperti diketahui Kali Tengah adalah anak sungai Kali Surabaya yang memnjadi bahan baku 95% air PDAM Surabaya.
Sabtu 15 Nopember 2008 17 pelajar duta lingkungan sanmar melakukan investigasi pencemaran di Kali Surabaya dan kali tengah. dalam perjalanan investigasi ini mereka memantau buangan limbah buangan PT Surabaya agung kertas tbk dan PT wings surya yang sebelumnya telah terbukti mencemari kali surabaya.
Tim duta lingkungan ini dibawah komandp FX Martinus pengajar PKN yang juga menjadi pembina lingkungan hidup dalam wawancara dengan econews menyatakan bahwa aktivitas mereka ini tergerak oleh semakin tingginya tingkat pencemaran di kali surabaya . “Kami ingin membuktikan sendiri kondisi faktual kali surabaya yang menjadi bahan baku PDAM,” Ujar pak Mar, panggilan akrab pak martinus.
Dalam investigasi ini ditemukan bahwa kadar DO (Dissolved Oxygen) di kawasan industri ini mencapai 2-3 ppm jauh dibawah standar pp 82/2001 yang menetapkan DO air sungai yang menjadi bahan baku air minum tak boleh kurang dari 6 ppm. Temuan mencenggangkan lainnya adalah tingkat keasaman air limbah PT Wings Surya yang mencapai 12.
Dalam akhir kegiatan pelajar sanmar mengajak masyarakat untuk lebih menghargai air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: