SMAN 1 Manyar Perangi Global Warming dengan Hutan Sekolah

65 Orang pelajar SMAN 1 Manyar yang tergabung dalam kelompok Lingkungan Hidup (KLH)SMAN 1 Manyar pada 31 Desember 2008 menggelar kegiatan investigasi lingkungan hidup disekitar kawasan Sekolah di Perumahan Pongangan Indah Manyar.
Dalam kegiatan ini KLH melakukan identifikasi masalah-masalah lingkungan yang sedang terjadi di wilayah Kecamatan Manyar. 60 Orang pelajar terbagi dalam 6 kelompok kemudian melakukan interview dengan masyarakat sekitar sekolah dan melakukan investigasi lingkungan secara langsung.
Menurut Nuraini, Staff pengajar Lingkungan hidup SMAN 1 Manyar menyebutkan bahwa Program ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menjadikan SMAN 1 Manyar menjadi sekolah yang bisa memberikan solusi bagi masalah lingkungan di Kawasan Manyar. ”kami ingin sekolah Kami (SMAN 1 Manyar) bisa menjadi Sekolah pusat informasi lingkungan bagi masyarakat sekitar,” Ujar Nuraini ditemui saat mendampingi pelajar melakukan investigasi lingkungan.
Untuk mengawali program ini SMAN 1 Manyar sudah menyiapkan diri dengan membangun system pengolahan sampah terpadu dan program composting, selanjutnya dengan bantuan fihak swasta di Gresik SMAN 1 akan membangun hutan sekolah dengan tumbuhan langka dan tumbuhan buah.
Dalam investigasi lingkungan para pelajar berhasil mengidentifikasi masalah lingkungan :
1. Tempat Pengolahan sampah di Kawasan Pongangan Indah masih menerapkan system open dumping dan belum menerapkan model composting sehingga penimbunan sampah menimbulkan bau busuk bagi warga sekitar TPS.
2. Perilaku warga yang belum membuang sampah secara terpisah dan membuang sembarangan sehingga mengganggu estetika dan menyumbat saluran air
3. Dirasakannya pencemaran Udara dari perusahaan-perusahaan besar seperti PT Petrokimia Gresik yang menganggu warga
4. Penambangan kapur yang bersifat eksploitatif dan proses pembakaran yang menimbulkan polusi udara
5. Kurangnya penghijauan di kawasan pemukiman sehingga menimbulkan pemanasan iklim local.
6. Ditemukannya limbah cair aktivitas industry yang ditemukan.dibuang diselokan samping sekolahan yang tidak melalui proses pengolahan.

Pada akhir kegiatan program investigasi lingkungan ini para pelajar juga memberikan solusi alternatif yang nantinya akan didesakkan kepada Pemerintah/dinas lingkungan hidup dan melakukan sosialisasi pada warga sekitar, solusi yang diberikan KLH antara lain:
a. Melakukan reduksi sampah dengan mengurangi pemakaian plastic, karena hamper 45% sampah yang dijumpai adalah berupa plastic
b. Harus dilakukan gerakkan pemilahan sampah yang sudah dimulai di SMAN 1 Manyar, selanjutnya akan disosialisasikan pada warga bahwa mengolah sampah akan mendatangkan keuntungan secara ekonomis.
c. Pengurangan frekuensi eksploitasi aktivitas penambangan kapur dan segera melakukan program rehabilitasi lahan.
d. Harus segera dilakukan gerakan penghijauan dan penghutanan kawasan-kawasan tandus di Kecamatan Manyar
e. KHL akan melaporkan aktivitas industry pencemaran perairan kepada dinas lingkunganhidup Kabupaten Gresik.

Salah seorang siswa anggota KHL selama ini sangat prihatin dengan kondisi lingkungan hidup di Manyar. “kami seolah hidup terkepung oleh polusi,” Ujar Nidhom Billy Pratama yang bertempat tinggal di Yosowilangun, lebih lanjut ia ,menyatakan akanlebih aktif melakukan kampanye lingkungan hidup di Sekolah maupun lingkungan ia tinggal karena generasi muda seperti Billy yang harus mulai melakukan perubahan kondisi lingkungan di Manyar.

Azizzah, salah seorang aktivis KHL juga merasa prihatin dengan tingginya tingkat pencemaran udara disekitar Manyar,” Saya sangat khawatir dengan kondisi lingkungan hidup di Manyar yang semakin panas, apalagi dengan fenomena Global Warming yang sedang terjadi membuat kondisi lingkungan saat ini sangat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan,” Ujar Azizzah yang berinisiatif untuk mengembangkan hutan sekolah sebagai pusat informasi lingkungan sekaligus mengurangi emisi karbon di Sekitar Manyar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: