Taman bantaran Sumber Ijo Royo-Royo

Dalam upaya Partisipasi Masyarakat Menyelamatkan Kali Brantas dan dan
Sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir dan alih fungsi lahan bantaran sungai di Kecamatan Wringinanom maka Karang Taruna Desa Sumberame Laskas Canggah didukung oleh Pemerintah Desa Sumberame dan Camat Wringinanom Achmad Musthofa Aziz bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta dan ECOTON (Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah) berinisiatif membangun kawasan bantaran yang memiliki fungsi ganda, berupa Taman Bantaran Desa SUmberame (Riparian Ecopark Sumerame Village) yang diberi nama sumber ijo royo-royo. “ Kawasan Taman bantaran Sumber Ijo Royo-royo adalah kawasan konservasi untuk melindungi sungai dari pencemaran dan gangguan yang ditimbulkan oleh aktivitas manusia, sekaligus akan kami manfaatkan sebagai area wisata ekologis,” Ujar Nanang SR Tokoh Masyarakat Sumberame yang menjadi Penggagas kegiatan ini. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa pengelolaan bantaran ini sudah mendapatkan persetujuan dari Perum Jasa Tirta 1 Malang sebagai pengelolah Kali Surabaya.
Dalam kesempatan peresmian Taman Bantaran Desa Sumberame, Dr. H. Husnul Khuluq MM , Sekda Pemkab Gresik mendukung dan memberikan acungan jempol atas inisiatif kelompok Karang taruna Sumberame Laskar Canggah untuk melakukan upaya penghijauan dan reboisasi lahan bantaran Kali Surabaya sebagai upaya untuk menjaga kelestarian fungsi Ekologis sungai. Karena selain digunakan sebagao bahan baku PDAM Surabaya air Kali Surabaya juga dimanfaatkan oleh PDAM Gresik.
” Upaya Karang taruna Sumberame untuk menghijaukan bantaran harus lebih dikembangkan pada wilayah-wilayah lainnya di Gresik,” Ujar Dr. H. Husnul Khuluq MM, Ketua PCNU Kabupaten Gresik saat meresmikan Taman Bantaran Desa Sumberame, lebih lanjut ia menyatakan bahwa di Gresik masih banyak lahan-lahan yang perlu direhabilitasi seperti lahan bekas galian tambang C ataupun bekas galian bahan baku Semen. Pemerintah Kabupaten Gresik akan mendukung kegiatan-kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh masyarakat. “Selain memberikan manfaat berupa fungsi peneduh sebagai antisipasi pemanasan global, penanaman pohon juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah ekonomis bagi warga,” Ungkap Sekretaris Daerah dihadapat Muspika Kecamatan Wringinanom dan puluhan anggota Karang Taruna Laskar Canggah, Lebih lanjut ia masih mengingat betul bahwa dulu orang-orang tua sering mendorong untuk menanam pohon terutama pisang karena selain fungsi penghijauan pohon yang ditanam juga memberikan manfaat ekonomis. Dalam Kesempatan ini Dr. H. Husnul Khuluq MM menyempatkan diri untuk menggali lubang dan menanam pohon mangga dilahan Taman Bantaran, sambil menanam Sekda Pemkab Gresik menyeletuk bahwa beliau juga memiliki hobby bertanam sehingga beliau tidak canggung mengayunkan pacul.
Dengan Upaya penghijauan dan perubahan peruntukkan bantaran atas inisiatif Karang taruna Sumberame maka apabila dikembangkan dan dilakukan di sepanjang Kali Brantas maka kelestarian Kali Surabaya akan terjamin karena upaya pengelolaan dan pengendalian kualitas air Kali Surabaya tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah melainkan mengikutsertakan masyarakat untuk berpartisipasi menjaga dan mengelola kelestarian fungsi ekologis bantaran.” Bantaran Kali Surabaya memiliki fungsi sebagai habitat flora fauna, resapan air, minimalisasi sedimentasi, lahan budidaya dan pengembangan wisata ekologis, “Ujar Amirudin Mutaqien Koordinator Kampanya ecoton. Kegiatan rencananya akan dikembangkan di sepanjang kali Brantas yang mendesak segera dilakukan mengingat tingginya tingkat kerusakan bantaran dan engganya Pemerintah untuk melibatkan peran serta masyarakat untuk ikut serta memelihara dan mengelola sungai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: