KPK Siap Tangkap Pencemar Kali Surabaya

Ekspedisi Kelompok Pemantau Kali (KPK) Surabaya Pantau Kualitas Air Sumber Kali Surabaya

Kelompok pemantau Kali Surabaya yang terdiri dari sekolah-sekolah di DAS kali Surabaya seperti SMPN 16 Surabaya, SMPN 24 Surabaya melakukan pemantauan rutin kondisi sungai-sungai yang menjadi bagian dari Kali Surabaya. Minggu (12/04) bersama 4 sekolah yang memiliki tujuan untuk menyelamatkan Kali Surabaya melakukan pemantauan di sumber air yang terletak di Kaki gunung Penanggungan, sebagai salah satu mata air yang berpengaruh bagi Kali Surabaya kondisinya harus terus dipantau secara periodik. Bersama 30 orang pelajar dari SMPN 2 Jetis Mojokerto, SMP Muhammadiyah Taman Sepanjang, SMPN 1 Kedamean dan SMAN 1 Manyar, kelompok Pemantau Kali Surabaya melakukan ekspedisi sumber-sumber air dikawasan Pegunungan Penanggungan, dari pantauan selama satu hari ditemukan fakta bahwa.
1. Kualitas air di kawasan hulu Kali Surabaya sudah mengalami penurunan kualitas air, fakta ini ditunjukkan dengan hilangnya beberapa serangga air yang hanya bisa hidup di kondisi air bersih. Selain itu DO (oksigen Terlarut) menunjukkan penurunan.” Dari kajian yang kami lakukan di 4 lokasi sungai di kaki penanggungan, kadar oksigen terlarut umumnya 4 mg/L, padahal seharusnya kadar oksigen daerah pegunungan tidak boleh kurang dari 6 mg/L,” ujar FEBRINA RAHMAWATI siswi SMPN 16 Surabaya.
2. Jumlah mata air di Kawasan penanggungan sudah banyak yang menghilang/menyusut. “Dari penelusuran yang kami lakukan dan survey kepada masyarakat disekitar mat air dapat disimpulkan bahwa saat ini jumlah mata air telah banyak berkurang dan debitnya mengecil,” Ungkap ANDI SETYO NUGROHO siswa SMPn 24 Surabaya, kalo hal ini sering terjadi maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi deficit air bagi warga di kawasan Hilir seperti Surabaya dan Sidoarjo yang mengandalkan bahan baku air minum PDAMnya dari air permukaan.
3. Alih fungsi lahan pegunungan yang seharusnya berstatus hutan lindung berubah menjadi tegalan dan hutan produksi
4. Banyaknya aktivitas manusia yang mempengaruhi kualitas air sehingga menyebabkan degradasi kualitas air
Kegiatan kelompok Pemantau Kali Surabaya (KPK) ini mendapat apresiasi positif dari IR Eko Subekti, Dipl. HE. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS). “BBWS Brantas merupakan bagian structural dari Kementrian Pekerjaan Umum, Dirjen Pengelolaan Sumberdaya Air yang khusu melakukan pengelolaan pada sungai Brantas dan kalI Surabaya termasuk didalamnya,” Ujar Ir. Eko Subekti. DIpl HE, kepada anggota KPK Surabaya, lebih lanjut ia menyatakan bahwa saat ini BBWS sedang mencari mitra-mitra strategis untuk ikut serta melakukan upaya konservasi terhadap sumberdaya air.” KPK Surabaya dapat menjadi mitra kami dalam penyelamatan Kali Surabaya, apalagi saat ini status Kali Surabaya adalah sungai strategis nasional, sehingga menjadi tanggung jawab menteri PU untuk mengelolahnya“ Ungkap Ir. Eko Subekti. DIpl HE, lebih lanjut ia menyatakan akan mendukung kegiatan KPK.
Terbentuknya KPK ini juga didukung oleh PDAM Kota Surabaya. Keberadaan kelompok-kelompok pemantau kualitas Kali Surabaya akan membantu PDAM dalam mengawasi kualitas bahan, setelah kegiatan ini KPK akan bekerjasama dengan Humas PDAM kota Surabaya untuk melakukan sosialisasi kondisi factual Kali Surabaya dan mengajak masyarakat untuk hemat air. Ajakan ini akan dilaksanakan kepada sekolah-sekolah anggota KPK di Kota Surabaya.
Kegiatan pemantauan kualitas air Kali Surabaya akan dimulai senin 13/04 oleh pelajar SMPN 2 Jenis dengan melakukan inventarisasi sumber-sumber pencemaran di Kali Surabaya.
“ Tim KPK Surabaya dari SMPN 2 Jetis pada hari Senin (13/04) akan melakukan investigasi sumber pencemaran Kali Surabaya dengan mengukur air buangan di 7 industri yang selama ini sering disebut-sebut sebagai sumber pencemar Kali Surabaya,” Ujar RIZANDA APRILIA Siswi kelas 8 SMPN 2 Jetis.
“Kegiatan KPK Surabaya ini akan terus berupaya untuk ikut menyelamatkan Kali Surabaya yang menjadi bahan baku air minum PDAM kota Surabaya,” ujar LUTFI HANI SAPUTRI siswi SMPN 24 Surabaya. Rencananya selama musim kemarau KPK Surabaya akan memantau kualitas Kali Surabaya, Jadi Hati-hati pelaku pencemaran Kali Surabaya.

Tim KPK Latihan Mengukur Kualitas Air di Pegunungan Penanggungan

Tim KPK Latihan Mengukur Kualitas Air di Pegunungan Penanggungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: